Temukan berbagai macam masakan dan resep populer Indonesia secara GRATIS di sini...!

Resep Ayam Panggang Jamur Shitake

Melihat dari judul Ayam Panggang Jamur Shitake, resep ini seperti masakan jepang. Boleh ya, boleh juga tidak yang jelas resep ini menggunakan 2 bahan dasar ayam dan jamur shitake.

Kali ini Blog Masak Apa ingin berbagi Resep Ayam Panggang Jamur Shitake. Cara masaknya yaitu ayam dan jamur dibungkus dengan alumunim foil dan dipanggang di oven. Bagaimana jika tidak ada oven? Jangan khawatir karena anda dapat mencobanya dengan ''Pepes" atau "Kukus" dengan menggunakan pembungkus daun pisang. Kalau soal rasa, menggunakan pembukus daun pisang jauh lebih enak dibandingakan dengan pembungkus aluminium.

Sebelum melangkah ke resep, sedikit saya ingin memberikan sedikit info tentang Shitake. Shitake (Shiitake) adalah nama Jepang. Jamur Shiitake ini biasanya dibudidayakan diatas batang pohon yang sudah mati, dimana batang kayu akan menjadi lembab dan memang cocok untuk tumbuhnya segala jamur termasuk jamur kuli, kadas, kurap dan panu lol..(just kidding). Beberapa khasiat dari jamur shitake adalah sebagai obat penurun kolestrol dan pencegah kanker.

Jamur Shitake digunakan sebagai bahan campuran masakan bukan hanya di negara Jepang tetapi ianya juga popular di negara Asian lainnya seperti Vietnam, Cina, Korea dan Thailand. Saya kurang tahu apakah cendawan Shitake ini cukup dibudidayakan di Indonesia. Jenis jamur yang sering kita dengar yaitu jamur merang, jamur kuping jamur kerang/tiram. Oleh karenanya kita banyak menganal menu makanan seperti ayam cah jamur, mie ayam jamur, sop kimlo dan lain-lain.

Okay, kita langsung menuju ke resep.

Bahan-bahan yang butuhkan untuk menbuat Ayam Panggang Jamur Shitake yaitu:

1 ekor ayam kampung muda, dipotong2 sesuai selera.
250 gram jamur shitake, belah menjadi 2 atau diris-iris.
2 cm jahe muda, iris bentuk korek api
4 siung bawang putih, geprek dan cincang
2 sdm sauce tiram
2 sdm sauce kikkoman atau kecap asin
garam, merica, penyedap secukupnya.

Cara masaknya:

  • Bumbui ayam dengan bahan di atas. Diamkan paling tidak 30 menit sampai 1 jam agar bumbu meresap.
  • Siapkan pembungkus aluminium. Bungkus ayam besarta jamurnya dengan atas dan bawah dengan melipatnya rapat-rapat agar nantinya bungkusan tidak bocor.
  • Panaskan oven hingga mencapai suhu 175 derajat celsius. Setelah oven panas, masukan ayam diatas tray dan masak selama 30-40 menit.
  • Periksa tingkat kematangan ayam setelah 30 menit. Jika ayam sudah masak, buka pembungkus bagian atas agar ayam mendapatkan panas langsung dari suhu oven, warna ayam akan kecoklatan. Lanjutkan proses memasak hingga ayam benar-benar masak dan empuk.
  • Keluarkan dari oven dan sajikan selagi panas.

Sekarang anda dapat mengetahui bagaimana cara masak Resep Ayam Panggang Jamur Shitake yang lezat dan sehat.

Selamat mencoba!

1 comment: