Skip to main content

Masakan Cina atau Masakan Barat- pilih mana?

Masakan Cina atau Masakan Barat- pilih mana? - Masakan Cina (Chinese Food) dan Masakan Barat (Western Food) memang bukan sesuatu yang baru di Indonesia, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan daerah tujuan wisata. Bahkan, kedua jenis masakan tersebut sudah ada ke kampung dan desa. Untuk masakan Western misalnya "Humburger" dan "Crispy Fried Chicken".

Walaupun sebenarnya saya lebih berpengalaman di masakan barat tetapi masakan Cina jauh lebih mudah cara mengolahnya. Itu sebabnya kebanyakan artikel yang saya rilis di blog "Masak Apa" ini lebih banyak ke masakan Cina. Baik soal resep, teknik mamasak atau sekedar ulasan saja.

Jika bicara soal rasa, masakan Cina jauh lebih masuk ke lidah orang kita dibanding masakan Eropa. Mungkin karena bumbu yang dipakai dalam masakan Cina banyak juga dipakai untuk bumbu masak makanan Indonesia. Masakan Cina banyak yang menggunakan metode memasak dengan menggunakan penggorengan atau wajan misalnya untuk  "masakan tumis". 

Pembakuan resep masakan Western lebih dominan. Hal ini banyak restaurant yang mempunyai resep baku. Salah Satu kelebihan dari pembekuan resep adalah memiliki rasa yang konsisten (konstan). Sedangkan masakan Cina lebih kepada feeling dan keahlian Chef atau juru masak .

Kelemahan sistem ini jika dikaitkan dengan usaha restoran cenderung tidak tidak memihak si pengusaha karena dalam menjalankan usahanya lebih banyak tergantung kepada juru masak tadi. 

Bersambung..




Comments

  1. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Resep Tumis Labu Siam - ala Masak Apa

Sobat Masak Apa... ternyata bikin masakan tumis labu siam sangat gampang. Bahan utamanya yaitu labu siam 2 buah dan wortel sebagai pemadu warna agar kelihatan lebih menarik. Apa saja bahan untuk membuat resep tumis labu siam? 2 buah labu siam, dikupas dan dicuci terus dipotong bentuk korek api memanjang. 1 buah wortel, dikupas dan dicuci kemudian dipotong sama seperti labu siam. Minyak goreng untuk menumis Bumbunya: 2 buah bawang putih, diiris 4 buah bawang merah, diiris 1 buah cabe hijau, diiris Sedikit lengkuas, diiris Cara masaknya: Panaskan minyak, tumis bawang dan lengkuas hingga harum. Masukan sayuran dan bumbui dengan garam, merica dan penyedap (opsional) Masak selama 4-5 menit hingga bumbunya meresap. Cicipi angkat dan sajikan. Masakan labu siam ini cocok untuk 2 orang. Selain merupakan masakan yang lezat, labu siam memiliki beberapa beberapa khasiat diantaranya sebagai makanan sehat buat jantung, penangkal penyakit kanker dan sangat baik dikonsumsi wanita ham

Cara Membuat Minuman Sehat - Ice Milo

Sudahkah anda minum Ice Milo hari ini?  Kalau belum, yuk kita sama-sama bikin minuman dingin yang sehat dan  menyegarkan. Cara bikinnya mudah kok, jangan khawatir. Terus rasanya juga bisa diadu dengan minuman Ice Milo yang dijual di cafe atau restoran. Siapkan bahan-bahannya dulu ya 3 Sdm penuh milo bubuk 3 Sdm susu kental manis (condensed milk) 2 Sdm susu cair (evaporated milk) 150 ml air panas Es batu secukupnya Cara membuatnya : Masukan Milo kedalam gelas dan campurkan dengan air panas kemudian aduk-aduk. Setelah itu masukan susu kental dan susu cair, aduk. Terakhir masukan es batu dan Ice Milo sudah siap untuk dinikmati Selamat mencoba, kalau ada pertanyaan silakan tinggal kan pesan.

Resep Baked Potatoes - Kentang Panggang

Resep Kentang Panggang - Baked Potatoes Kentang Panggang atau orang barat menyebutnya 'Baked Potatoes' adalah makanan pelengkap penganti nasi dan biasanya dihidangkan dengan menu steak, ayam dan ikan. Jika anda pergi ke restoran barat, menu baked potatoes akan banyak sajikan. Kebanyakan restoran menyajikan baked potatoes ini untuk makan malam. Cara membuat baked potatoes sangat mudah. Alat yang digunakan untuk masak baked Potatoes yaitu 'Oven' yang suhunya dapat mencapai panas hingga 35O derajat celcius.