Temukan berbagai macam masakan dan resep populer Indonesia secara GRATIS di sini...!

Resep "Pepes Tahu" Campur


Resep Pepes Tahu Campur. Hari saya ingin share dengan anda cara bikin pepes/kukus tahu campur (Tahu, Tempe, Jamur tiram). Resep ini merupakan resep "kebetulan" karena hanya menggunakan bahan-bahan yang tersisa di kulkas.

Bicara soal pepes....
Biasanya daun pisang digunakan sebagai pembungkus pepes tersebut. Tetapi menu masakan tahu campur ini cukup mengunakan piring atau pirex anti panas tentunya.

Tidak seperti bumbu pepes tahu pada umumnya dimana kebanyakan pake telor, tahunya dihancurin dan diaduk-aduk supaya nanti tahunya tidak hancur setelah dimasak. Kalo resep ini lebih sederhana lagi. Bumbu pepes campur yang saya gunakan adalah garam, merica, sedikit jahe, diiris batang korek api. Kalo ada kemangi lebih mantap rasanya.

Sekarang ke proses memasak....
Terlebih dahulu saya siapkan bahan resep dan alat masaknya. Diantara alat masaknya saya menggunakan wajan atau kuali dengan saringan khusus untuk mengukus (steamer) dari bahan stainless steel. Kemudian saya gunakan piring untuk taruh pepesnya. Masakan cina bisanya menggunakan alat steam dari bambu untuk mengukus. Pokonya bisa pake steamer apa aja...

Persiapan memasak pepes tahu campur mulai dari bahan-bahan resep...
Ambil 2 bungkus tempe, sebaiknya pake tempe yang dibungkus daun pisang kerena rasanya lebih enak. Tempe dipotong kecil sesuai selera. Kemudian tahu puith yang juga dipotongan yang sama.

Nah, untuk jamurnya saya menggunakan jamur tiram (kebetulan di kulkas cuma ada jamur tiram tersisa), cuci bersih. Kalo nggak salah beratnya sekitar 100gm satu plastik.

Lanjut ke step berikutnya setelah bahan-bahanya siap...
Cincang bumbu-bumbu seperti bawang puitih 1 siung, bawang merah 2 siung, jahe secukupnya, cabe rawit hijau 3 buah, dan kecap asin. Semuanya di simpan di mangkok ukuran sedang dan diaduk-aduk secara merata agar bumbu dan bahan-bahan tercampur. Siapkan piring/mangkok besar untuk mengukus aneka pepes campur ini.

Akhirnya...
Masak pepes tahu campur dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan sajikan selagi panas. Masakan ini sangat mudah, cepat dan sehat...

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment