Temukan berbagai macam masakan dan resep populer Indonesia secara GRATIS di sini...!

Menanak Nasi Putih Dengan Rice Cooker

Cara yang paling mudah menanak nasi putih yaitu dengan menggunakan "Rice Cooker" karena memasak nasi putih dengan rice cooker sangat praktis dan mudah. Dalam proses memasak, rice cooker menggunakan tenaga gas atau listrik. Alat ini menjadi populer kerena cara pemakaiannya jauh lebih mudah dibanding alat-alat memasak traditional seperti dandang, kukusan, periuk, kendil dan lain sebagainya.

Dewasa ini, Rice Cooker dimiliki oleh hampir setiap anggota keluarga baik yang tinggal di perkotaan maupun yang tinggal di desa. Bahkan rice cooker ini bisa dijumpai di daerah pedalaman yang tentunya terjangkau oleh aliran listrik. Tanpa bermaksud membandingkan rice cooker dengan peralatan penanak nasi tradisional tetapi kenyataan telah membuktikan bahwa alat ini sangat praktis.

Cara masak nasi putih dengan menggunakan rice cooker sangat mudah karena prosesnya sangat sederhana. Hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah perbandingan penggunaan air terhadap beras. Jika sudah biasa memasak menggunakan rice cooker takaran beras dan airnya bisa pas. tetapi jika belum maka perlu juag melakukan percobaan satu dua kali agar mendapatkan hasil memasak nasi yang enak. Hal ini karena terkadang menyangkut jenis beras yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah cara menanak nasi putih dengan rice cooker. Ambil beras dan cuci bersih. Setelah dicuci, masukan kedalam rice cooker. Tuang air secukupnya kedalam panci. Biasanya ukuran tinggi air dapat diukur dengan menggunakan satu ruas jari tengah dari permukaan beras. Sebelum rice cooker dinyalakan, pastikan ianya dalam keadaan kering. Sebaiknya dilap dulu dengan kain kering untuk mencegah terjadinya konsleting atau sambungan arus pendek. Tombol saklar dalam posisi off ketika memasukan kabel colokan rice cooker. Jika semua berjalan dengan baik dan aman, barulah menekan tombol saklar ke posisi ON dan melakukn hal yang sama pada tombol saklar ON/OFF yang ada pada alat tersebut.

Biasanya memasak nasi dengan rice cooker akan memerlukan waktu sekitar 15 menit tergantung jenis rice cookernya dan beras serta komposisi air yang digunakan untuk menasak nasi tersebut. Setelah kurang lebih 10 menit, aduk nasi. Pada posisi ini, nasi sudah setengah masak. Pengadukan nasi dilakukan untuk mendapatkan nasi yang lebih enak dan empuk. Selain itu, nasi akan masak secara merata. Jika pengadukan tidak dilakukan, tidak akan mengurangi rasa nasi setelah dimasak. Setelah beberapa saat, maka indicator yang terdapat di bagian rice cooker akan membrikan isyarat bahwa nasi sudah masak dengan saklar otomatis, bunyi ataupun lampu. Nasi sudah masak dan siap dihidangankan.

Bagi yang baru belajar menanak nasi, memasak nasi dengan rice cooker tidaklah sulit. Untuk mencapai hasil masakan nasi yang enak dan pas mungkin perlu beberapa kali mencobanya. Pastikan bahwa nasi yang akan dimasak adalah nasi favorit sehingga perbandingan nasi dan air setiap kali memasak akan berat dan volumenya akan sama untuk mendapatkan hasil masakan nasi yang diinginkan.

Alternatif sajian makanan sehat lainnya "100 Healty Raw Snacks and Treats" dengan cita rasa dan kelezatannya

1 comment: