Temukan berbagai macam masakan dan resep populer Indonesia secara GRATIS di sini...!

Beef Thaksin - Daging Rawon Khas Thailand

Beef Thaksin - Daging Rawon Khas Thailanda |Sudah hampir lima bulan ini saya tidak lagi merasakan nikmatnya Beef Thaksin, makanan khas Thailand sejenis rawon isinya berupa kuah campuran sayur kangkung dan toge panjang dan biasa dimakan dengan mie, kwetiaw, bihun dan nasi putih. Pasalnya, orang yang high cholestrol harus menjaga makanan yang berlemak seperti daging. Maksudnya bukan berarti ga boleh makan, tapi jangan sering-sering. Kasihan ya huk huk huk...

Akhirnya setelah sekian lama, kemaren baru makan lagi. Foodcourt yang berada berhadapan dengan Harbour Front, menurut saya kedai yang paling enak dibandingkan dengan cabang2 lain. Gak kebayan enaknya hehe. Seperti biasa, saya selalunya makan pake nasi putih. Maklum lah, orang kita kalau belum makan nasi rasanya kayak belum makan. Satu lagi rahasia agar semeringah, itu cabe bubuk saya taburin ke nasi putih, biar pedes. Makan Beef Thaksin kalo gak pake cabe kering bubuk kurang mantep, gak nggigit hehe.

Kenapa namanya Beef Thaksin?
Kalo soal itu saya kurang tahu pasti apakah Thaksin yang dimaksud adalalah Thaksin yang mantan perdana menteri apa Thaksin yang lain. Lagian kalo Thaksin perdana menteri sekarang udah gak ada di Thailand. Atau mungkin menggunakan kata Thaksin biar ngetop seperti perdana menteri pada waktu itu. Apakah juga rawon Thailand ini kesukaan Mr Thaksin? Ah apapun namanya, Beef Thaksin tetap saja makanan sup yang lezat. Seandainya saja saya tahu resepnya, pasti akan saya tulis di blog ini.

Ketika salah satu pelayannya saya tanya gimana cara membuat sup beef thaksin, mereka cuma bilang bumbunya udah dijadiin satu hanya dicampur dengan air kemudian dimasak. Kelihatannya ada bahan dari kecap juga soalnya warnanya agak gelap seperti kuah rawon tadi. Tetapi yang jelas, daging potongan kotak ukuran 1x2 cm dan jerohan babat harus dimasak terlebih dahulu agar empuk dengan kuah untuk beberapa lama. Setelah masak, daging dan kuah dipisahkan tetapi masih menggunakan wajan besar yang sama dan dibiarkan panas dengan api kecil.

Cara penyajiannya yaitu kangkung, toge (mie jika mau) direbus sebentar dengan air mendidih, sajikan dengan mangkok. Ambil daging dan jerohan dari wajan, tambahkan kuah. Setelah itu taburkan irisan seledri, daun ketumbar dan daun basil yang khas sebagai pengkap rasa dan nasi putih....

Tags: Masakan khas Thailand, rawon ala thailand, kuah rawon thailand, masakan sedap ala thailand, makanan special
Thailand, cabe kering Thailand, resep beef Thaksin, mie kuah thailand, kwetiauw kuah thailand, daging kuah dan sayur ala thailand, kedai masakan thailand singapore, bumbu masak masakan Thailand, makanan berkolestrol Thailand, masakan daging thailand

No comments:

Post a Comment