Skip to main content

Masak Praktis Dengan Bumbu Dasar Merah

Bingung mau Masak Apa? Jangan bingung! Bagaimana kalo kita sama-sama masak bumbu dasar. Bumbu dasar Indonesia maksudnya. Biasanya yang sering dipake sih ada 4 macam yaitu Bumbu Dasar Merah, Bumbu Dasar Kuning dan Bumbu Dasar Oranye. Nah dari masing-masing bumbu akan saya buat dengan postinga terpisah. Untuk memudahkan penggunaannya kelak, nanti keempat bumbu tersebut akan saya link. Ya udah kita mulai saja dengan membuat bumbu dasar merah.

Oh ya, bumbu dasar ini bisa digunakan untuk resep masak memasak makanan Indonesia. Tetapi masak makanan ala luar negeri juga pake bumbu atau sauce dasar. Conto ne seperti red suace dan with sauce nya Italian food, sauce demiglace dan banyak bumbu-bumbu dasar lainnya yang Insya Allah kita lanjutin di lain hari. Sekarang langsung masak ke dapur!

Bahan yang dibutuhkan [Bumbu dasar merah]
400 gm cabe merah, tanpa biji
100 gm bawang merah
50 gm bawang putih
100 gm tomat merah,
20 gm terasi
100 gm gula pasir
15 gm garam
100 ml minyak goreng, untuk mblender
100 ml minyak goreng, untuk menumis

Cara bikin bumbu dasar merah:
  • Haluskan semua bahan [diblender] - kecuali gula dan minyak untuk menumis - hingga bener-benar halus. Kalau gak ada blender ya terpaksa di ulek. Pegel-pegel deh!
  • Panaskan minyak untuk menumis, masukkan bumbu hingga masak dan baunya harum.
  • Masukan gula, tumis sebentar, angkat, dan dinginkan.
  • Masukan ke dalam toples atau kontener plastik dan siap digunakan.Bumbu dasar bisa disimpan dalam kulkas hingga 1-2 minggu.
Kalo sobat Masak Apa ingin masak nasi goreng, atau sambel pete, tinggal sendok aja. Tinggal tambahin daus salam, jahe, lengkuas atau apa saja untuk pewangi dan pembangkit listrik, eh pembangkit selera maksud nya. Ok,

Comments

Popular posts from this blog

Resep Tumis Labu Siam - ala Masak Apa

Sobat Masak Apa... ternyata bikin masakan tumis labu siam sangat gampang. Bahan utamanya yaitu labu siam 2 buah dan wortel sebagai pemadu warna agar kelihatan lebih menarik. Apa saja bahan untuk membuat resep tumis labu siam? 2 buah labu siam, dikupas dan dicuci terus dipotong bentuk korek api memanjang. 1 buah wortel, dikupas dan dicuci kemudian dipotong sama seperti labu siam. Minyak goreng untuk menumis Bumbunya: 2 buah bawang putih, diiris 4 buah bawang merah, diiris 1 buah cabe hijau, diiris Sedikit lengkuas, diiris Cara masaknya: Panaskan minyak, tumis bawang dan lengkuas hingga harum. Masukan sayuran dan bumbui dengan garam, merica dan penyedap (opsional) Masak selama 4-5 menit hingga bumbunya meresap. Cicipi angkat dan sajikan. Masakan labu siam ini cocok untuk 2 orang. Selain merupakan masakan yang lezat, labu siam memiliki beberapa beberapa khasiat diantaranya sebagai makanan sehat buat jantung, penangkal penyakit kanker dan sangat baik dikonsumsi wanita ham

Cara Membuat Minuman Sehat - Ice Milo

Sudahkah anda minum Ice Milo hari ini?  Kalau belum, yuk kita sama-sama bikin minuman dingin yang sehat dan  menyegarkan. Cara bikinnya mudah kok, jangan khawatir. Terus rasanya juga bisa diadu dengan minuman Ice Milo yang dijual di cafe atau restoran. Siapkan bahan-bahannya dulu ya 3 Sdm penuh milo bubuk 3 Sdm susu kental manis (condensed milk) 2 Sdm susu cair (evaporated milk) 150 ml air panas Es batu secukupnya Cara membuatnya : Masukan Milo kedalam gelas dan campurkan dengan air panas kemudian aduk-aduk. Setelah itu masukan susu kental dan susu cair, aduk. Terakhir masukan es batu dan Ice Milo sudah siap untuk dinikmati Selamat mencoba, kalau ada pertanyaan silakan tinggal kan pesan.

Resep Baked Potatoes - Kentang Panggang

Resep Kentang Panggang - Baked Potatoes Kentang Panggang atau orang barat menyebutnya 'Baked Potatoes' adalah makanan pelengkap penganti nasi dan biasanya dihidangkan dengan menu steak, ayam dan ikan. Jika anda pergi ke restoran barat, menu baked potatoes akan banyak sajikan. Kebanyakan restoran menyajikan baked potatoes ini untuk makan malam. Cara membuat baked potatoes sangat mudah. Alat yang digunakan untuk masak baked Potatoes yaitu 'Oven' yang suhunya dapat mencapai panas hingga 35O derajat celcius.