Temukan berbagai macam masakan dan resep populer Indonesia secara GRATIS di sini...!

Karedok [Gado-Gadonya Urang Sunda]

Masak apa hari ini? Yeah, kita bikin karedok yuk! Kalau gak mau bikin sendiri ya beli di warung banyak. Tapi sebenarnya kita bisa buat di rumah. Apa lagi jika sebagian sayuran dan bumbu-bumbunya tersedia dan mungkin tinggal beli kekuragannya aja. Bikin karedok gak susah. Rasanya campuran bumbu kacang sama sayuran, ada sedikit pedes [banyak juga gak apa kalo mau], ada rasa kemangi dll. Yah, pokonya enak deh! Terus kalo saya biasa makan karedok sama nasi. Tidak ketinggalan untuk pelengkap sajian makan, perlu ada goreng tempe mendoan. Eh, malah nglantur, ok temen kita langsung saja gimana caranya bikin karedok ala sunda nih!

Bahan-bahan sayuran mentah
100g Timun,
100g Toge pendek
3 lembar daun kol putih
100g kacang panjang
25g daun kemangi

Sambel kacang
2 buah Cabe merah
1 siung bawang putih
5 cabe kecil
1 / 2 sdt kencur
200g kacang tanah, panggang atau goreng
1 sendok makan air asam
1 sendok makan gula merah
1 sdt garam
1 / 2 sdt terasi
150 cc air anget

Cara bikinnya gini:
  • Siapakan semua bahan-bahannya.
  • Toge, timun, kacang panjang di potong dadu kecil-kecil.
  • Kol putih atau kubis diiris.
  • Siapkan mutu atau ulekan dengan cobeknya, masukan cabai merah, bawang putih, cabe kecil, kencur, kacang tanah, gula merah, garam, terasi kemudian diulek.
  • Tambahkan air asam dan air anget dan ulek terus sampe alus.
  • Campur semua sayuran termasuk daun kemagi, ulek lagi sampe sayuran tersebut kalis atau bercampur dengan bumbu.

Untuk hiasannya boleh ditambahin emping goreng atau keripik dan bawang goreng.

Image diambil dari: http://www.westjavalive.com/image/karedok.JPG

1 comment: